Minggu, 03 April 2016

Prosedure Surat Perizinan Penelitian

ALHAMDULILLAH, bisa nyempetin waktu buat bagi pengalaman di sela-sela Tugas Semester Akhir.
Jadi gini, dikarenakan saat ini menyandang status MAHASISWA TINGKAT AKHIR datanglah saatnya berkecimpung di hingar bingarnya skripsweet.
Salah satu hal penting dalam berlangsungnya skripsi adalah "PENELITIAN", yaa kalo ga ngadain penelitian gimana mau jalan skripsinya soalnya itu salah satu komponen penting. Mungkin sebagian dari kita udah males duluan buat ngurus ini itu di suatu instansi pemerintahan, karena berasa "diubeng-ubengke" hahaha.
But ini ga seribet serumit yang dibayangin kok, kemaren sempet bayangin bakal riweuh segala macem dan ternyata di dukung niat dan tekad alhamdulillah selesai juga tu surat penelitian.

Here the steps:

1. Minta surat keterangan pengambilan data ke instansi tertentu dari kampus 
    Karna saya berada di wilayah jogja jadi surat keterangan yang saya minta dari kampus di tujukan ke BAPPEDA wilayah Jogja. Proses nunggu dari surat kampus ga lama cuma sehari, hari selanjutnya cuss ke BAPPEDA tapi sempet persyaratannya ga lengkap. Ni dia persyaratan untuk BAPPEDA Jogja

abis persyaratan lengkap kita disuruh nulis kaya buku daftar permintaan surat penelitian gitu, trus kita dikasih kertas TANDA TERIMA PENGAMBILAN. Nunggu beberapa menit terus kita di panggil, dikasih surat izin penelitian. Belom selese sampe situ kita disuruh fotocopy sebanyak 5 lembar sama bawa amplop 4.
Balik lagi ke sana nunggu beberapa menit, kita dikasih kertas copy an tadi sama amplop yang udah di cap.
Di kertas tadi udah ada keterangan tembusan kk, jadi setelah dapet surat izin dari BAPPEDA masih banyak lagi tembusan-tembusan yang harus diantar. Urusan BAPPEDA DIY, DONE!!!

2. Lanjut ke KPPTSP Gunungkidul
    Perjuangan belom selesai, karena penelitian saya lakukan di kabupaten Gunungkidul maka surat tembusan pertama diantar ke Kantor Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu wilayah gunungkidul. Disana persyaratannya: Proposal skripsi, surat rekomendasi (Surat dari BAPPEDA DIY tadi) sama fc KTP.
Persyaratan lengkap, kita diminta ngisi blanko perizinan gitu selagi mbaknya ngurus berkas kita. Ga lama kok pas waktu itu ga begitu rame juga. Nunggu sekitar 20 menitan surat jadi, sama kaya di BAPPEDA tadi kita di suruh fc sebanyak 8 lembar dan amplop juga 8 lembar. Nunggu lagi sambil ngisi kuisioner. 10 menit kemudian jadi deh surat izinnya. Eiiitttssss jangan berharap udah selesai urusannya, liat paling bawah kertas ada 7 instansi yang harus kita tembusi salah satunya instansi yang akan kita adakan penelitian. KPMPT GK, DONE!!!!


3. Anter-anter surat tembusan
   Yes this is the last step, ga ribet kok cuma anter-anter surat ke instansi terkait aja. Lokasinya juga ga jauh-jauh amat. Instansi pertama ke KESBANGPOL GK, next ke BAPPEDA GK then last ke DISDIKPORA GK. Masih ada 1 surat lagi buat instansi yang mau kita adain penelitian.

Yesss, itu lah step-step ngurus SURAT IZIN PENELITIAN menurut pengalaman saya yang baru beberapa hari kemarin saya alami. Semoga membantu
Good Night

2 komentar:

  1. Hai mbak, infonya bermanfaat sekali. Btw, itu juga berlaku untuk peneliti dr luar Jogja kah? Thanks in advance.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hay rere, alhamdulillah klo berfaedah ya. Bisa diliat di pict 1, dri luar jogja persyaratan di tambah surat rekomen dari Badan KESBANGLINMAS DIY, bisa di cari di google ya lokasinya dmna

      Hapus