LAPORAN PRAKTIKUM
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN
MODUL I – II
Nama : Demy Octiana Azmianti
NIM : 125610118
Jurusan : Sistem Informasi
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN INFORMATIKA
AKAKOM YOGYAKARTA
2012
PERTEMUAN
KE-1
ALGORITMA
DAN PEMROGRAMAN DENGAN TEXTPAD
1.PEMBAHASAN
Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis
penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis. Kata logis disini berarti
benar sesuai dengan logika manusia. Untuk menjadi sebuah algoritma, urutan
langkah yang ditempuh untuk menyelesaikan masalah harus memberikan hasil yang
benar.
Sebagai contoh, “algoritma menulis dan mengirim
surat”, sebagai berikut : 1). Mempersiapkan kertas dan amplop 2). Mempersiapkan
alat tulis 3). Mulai menulis 4). Memasukkan kertas ke dalam amplop 5). Pergi ke
kantor pos untuk mengirim surat 6). Selesai.
TextPad
TextPad adalah editor untuk Windows dengan
pilihan menu untuk mengkompilasi dan menjalankan kode java. Dalam praktikum ini
praktikan harus teliti mengetikkan setiap kata-kata yang dicontohkan pada
instruktur/laboran agar tidak terjadi kesalahan, karena program TextPad ini
sangat sensitif (huruf besar kecil harus dibedakan).
Cara
menggunakan TextPad untuk menjalankan java:
1. Pastikan
dulu sudah terinstal TextPad pada komputer
2. Klik
Start dan pilih icon TextPad
3. Aplikasi TextPad
siap untuk digunakan.
PELAKSANAAN
PRAKTIKUM
1. Pilih
menu Start, kemudian pilih All Programs. Pilih dan klik TextPad.
2. Dengan
otomatis akan ada satu tab aktif dengan nama Document1.
3. Klik
File, kemudian pilih Save As.
Pastikan tipe penyimpanan adalah java.
Klik Save.
4.
Ketik ini pada tab kosong yang sudah dinamai.
public class contoh1
{
public static void
main(String args[])
{
//ini adalah
komentar
System.out.println("Mencoba
Textpad...");
System.out.println("Belajar
Algoritma dan Pemrograman");
}
}
Output :
5.
Setelah
selesai mengetik, program yang sudah dibuat tersebut harus disimpan sesuai
dengan nama class-nya (pada contoh bernama Contoh1), sedangkan type
data .java. Apabila nama file tersebut berbeda dengan nama class-nya
program tersebut tidak akan sukses dijalankan.
6.
Memeriksa
hasil ketikan apakah sudah benar atau belum dengan cara pilih
Tools External Data aaaaCompile
Java. Apabila hasil dari compile java tersebut error, maka kemungkinan ada
kesalahan dalam pengetikan.
7.
Jika
sudah muncul tulisan “Tool completed successfully”, maka pengetikan
program tersebut tidak ada kesalahan dan langkah selanjutnya adalah
menjalankan program dengan cara pilih Tools External Data Run Java
Aplication.
8.
Maka
akan tampil hasil output yang diinginkan sebagai berikut :
Mencoba TextPad...
Belajar Algoritma dan Pemrograman
Press any key to continue . . .
Untuk menampilkan ke layar secara tekstual,
java mempunyai fasilitas output, yaitu dengan perintah System.out.print( hal
yang akan ditampilkan, bisa lebih dari satu), untuk menampilkan ke layar
dan setelah selesai tidak berpindah baris yang sama.
Dan perintah System.out.println( hal yang
akan ditampilkan, bisa lebih dari satu), untuk menampilkan ke layar
dan setelah selesai berpindah baris. Akibatnya perintah keluaran setelah itu
akan ditampilkan pada baris berikutnya. Contoh output sebagai berikut.
Mencoba
TextPad...Belajar Algoritma dan PemrogramanPress any key to continue . . .
2.Listing:
Terlampir
3.Tugas:
1. Apa saja
kelebihan TextPad dibandingkan dengan editor lain?
·
Bisa menyimpan file berformat java
·
Kita bisa mengecek error dalam pembuatan java
·
Textpad bisa mengkoneksikan scrib java yang
ditulis pada Textpad sehingga kita compile dan Run (menjalankan).
ü Editor
Lain :
- Netbeans
5.5
- Crimson
Editor
- IDE
Eclipse
2. Mengapa
nama class harus sama dengan nama pada saat program disimpan,jelaskan dengan singkat!
ü Scrib
java yang dibuat harus sama dengan class, karena java hanya mengenal class yang
dituliskan sama dengan nama filenya dan besar kecilnya huruf sangat berpengaruh
karena TextPad memiliki sifat (case sensitive).
4. Kesimpulan
TextPadmerupakan editor yang paling
mudah digunakan untuk membuat program java dibandingkan dengan editor-editor
lain misal Notepad. Penyimpanan nama file program java TextPad harus sama dengan
nama classnya. Apabila program diketik dengan perintah System.out.print maka tampilan
di layar tidak berpindah baris yang sama. Apabila program diketik dengan perintah
System.out.println maka tampilan di layar akan berpindah baris.
PERTEMUAN
KE-2
PEMROGRAMAN DENGAN
JAVA
1.Pembahasan
Java :
Java adalah bahasa pemrograman
multi platform. Java tidak menyediakan IDE khusus seperti halnya bahasa pemrograman
yang lain. Pemrograman bisa menggunakan IDE yang support ke java, misalnya Netbeans,
Eclips, TexPad, dan lain-lain. Secara umum elemen-elemen dasar pemrograman java
terdiri dari:
1. HimpunanKarakter
Terdiridarihuruf,digit,
dan symbol-simbol.
Contoh :
Huruf :A,a,B,b,C,c,….
Digit : 0,1,2,3,….
Symbol danlainnya :
_-+*#
2. Pengenal
(Identifier)
Pengenal/identifier adalahsuatunama yang
bisadipakaidalampemrogramanuntukmenyatakan:
a. Variable
b. Konstantabernama
c. Tipe
data
d. Fungsi
e. Label
f. Obyek
3. Kata
kunci
Kegunaandarigolonganinitidakdapatdiubah.
Contoh :
case,char,const,do,else,for,return,void,while,dan lain-lain.
4. Tipe
data primitive
Bahasa pemrograman java adalah bahasa pemrograman
yang selalu menggunakan tipe data untuk setiap variabelnya. Itu berarti bahwa semua
variable harus dideklarasikan terlebih dahulu sebelum mereka digunakan.
Contoh:
·
Byte : tipe data byte adalah 8-bit integer
·
Short : tipe data short merupakan integer 16
bit
·
Int : tipe data iniadalah integer 32 bit
·
Long : tipe data long adalah integer 64 bit
·
Float : single-precision 32 bit
·
Double : double-precision 64 bit
·
Boolean : true/false
·
Char :karakter Unicode 16 bit.
5. Variable
dan konstanta
Variable digunakan dalam program untuk menyimpan
suatu nilai, dan nilai yang ada padanya dapat diubah selama eksekusi berlangsung.
Konstanta adalah nilai
yang tetap.
6. Konstantabernama
Hal ini dapat dilakukan
dengan menggunakan kata kunci const.
Ø NILAI
DEFAULT
Table Daftarnilai default untuktipe data
tertentu
Tipe Data
|
Nilai Default(untuk Field)
|
Byte
|
0
|
Short
|
0
|
Int
|
0
|
Long
|
0L
|
Float
|
0.0f
|
Double
|
0.0d
|
Char
|
‘\u0000’
|
String
(obyek)
|
Null
|
Boolean
|
False
|
Ø PERNYATAAN
MASUKAN DAN KELUARAN
Pernyataan masukan adalah pernyataan
untuk mendapatkan masukan dari keyboard. Sedangkan pernyataan keluaran adaah pernyataan
untuk menampilkan sesuatu nilai ke layar.
1. Komponenkeluaran
·
System.out.print (hal yang ditampilkan, bisa lebih
dari satu)
Untuk menampilkan ke layar dan setelah selesai
tidak berpindah baris.
·
System.out.println (hal yang ditampilkan , bisalebihdarisatu)
Untukmenampilkankelayardansetelahselesaiberpindahbaris.
2. KomponenMasukkan
·
nextInt : input tipe data integer
·
nextBoolean : input tipedata Boolean
(true/false)
·
nextShort : input tipe data short integer
·
nextLong : input tipe data long integer
·
nextFloat : input tipe float
·
nextDouble : input tipe double
2.Listing
Terlampir
3.Latihan :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar