Kamis, 19 Desember 2013

Laporan Praktikum Algoritma 1-2



LAPORAN PRAKTIKUM
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN
MODUL I – II



Nama     : Demy Octiana Azmianti
NIM         : 125610118
Jurusan   : Sistem Informasi



JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN INFORMATIKA
AKAKOM YOGYAKARTA
2012

PERTEMUAN KE-1

ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN DENGAN TEXTPAD




1.PEMBAHASAN
Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis. Kata logis disini berarti benar sesuai dengan logika manusia. Untuk menjadi sebuah algoritma, urutan langkah yang ditempuh untuk menyelesaikan masalah harus memberikan hasil yang benar. 
Sebagai contoh, “algoritma menulis dan mengirim surat”, sebagai berikut : 1). Mempersiapkan kertas dan amplop 2). Mempersiapkan alat tulis 3). Mulai menulis 4). Memasukkan kertas ke dalam amplop 5). Pergi ke kantor pos untuk mengirim surat 6). Selesai.


       TextPad
TextPad adalah editor untuk Windows dengan pilihan menu untuk mengkompilasi dan menjalankan kode java. Dalam praktikum ini praktikan harus teliti mengetikkan setiap kata-kata yang dicontohkan pada instruktur/laboran agar tidak terjadi kesalahan, karena program TextPad ini sangat sensitif (huruf besar kecil harus dibedakan).

Cara menggunakan TextPad untuk menjalankan java:
1. Pastikan dulu sudah terinstal TextPad pada komputer
2. Klik Start dan pilih icon TextPad
3. Aplikasi TextPad siap untuk digunakan.


PELAKSANAAN PRAKTIKUM
1.    Pilih menu Start, kemudian pilih All Programs. Pilih dan klik TextPad.
2.    Dengan otomatis akan ada satu tab aktif dengan nama Document1.
3.    Klik File, kemudian pilih Save As.                                   
Pastikan tipe penyimpanan adalah java.
Klik Save.
4.    Ketik ini pada tab kosong yang sudah dinamai.
public class contoh1
{
public static void main(String args[])
{
//ini adalah komentar
                System.out.println("Mencoba Textpad...");
                System.out.println("Belajar Algoritma dan Pemrograman");
}
}

Output :

5.    Setelah selesai mengetik, program yang sudah dibuat tersebut harus disimpan sesuai dengan nama class-nya (pada contoh bernama Contoh1), sedangkan type data .java. Apabila nama file tersebut berbeda dengan nama class-nya program tersebut tidak akan sukses dijalankan.

6.    Memeriksa hasil ketikan apakah sudah benar atau belum dengan cara pilih Tools      External Data aaaaCompile Java. Apabila hasil dari compile java tersebut error, maka kemungkinan ada kesalahan dalam pengetikan.



7.    Jika sudah muncul tulisan “Tool completed successfully”, maka pengetikan program tersebut tidak ada kesalahan dan langkah selanjutnya adalah menjalankan program dengan cara pilih Tools External Data Run Java Aplication.

8.    Maka akan tampil hasil output yang diinginkan sebagai berikut :
Mencoba TextPad...
Belajar Algoritma dan Pemrograman
Press any key to continue . . .

Untuk menampilkan ke layar secara tekstual, java mempunyai fasilitas output, yaitu dengan perintah System.out.print( hal yang akan ditampilkan, bisa lebih dari satu), untuk menampilkan ke layar dan setelah selesai tidak berpindah baris yang sama.
Dan perintah System.out.println( hal yang akan ditampilkan, bisa lebih dari satu), untuk menampilkan ke layar dan setelah selesai berpindah baris. Akibatnya perintah keluaran setelah itu akan ditampilkan pada baris berikutnya. Contoh output sebagai berikut.
Mencoba TextPad...Belajar Algoritma dan PemrogramanPress any key to continue . . .


2.Listing:
Terlampir

3.Tugas:
1.    Apa saja kelebihan TextPad dibandingkan dengan editor lain?
·         Bisa menyimpan file berformat java
·         Kita bisa mengecek error dalam pembuatan java
·         Textpad bisa mengkoneksikan scrib java yang ditulis pada Textpad sehingga kita compile dan Run (menjalankan).
ü  Editor Lain           :
-       Netbeans 5.5
-       Crimson Editor
-       IDE Eclipse

2.    Mengapa nama class harus sama dengan nama pada saat program disimpan,jelaskan dengan singkat!
ü  Scrib java yang dibuat harus sama dengan class, karena java hanya mengenal class yang dituliskan sama dengan nama filenya dan besar kecilnya huruf sangat berpengaruh karena TextPad memiliki sifat (case sensitive).

4. Kesimpulan
            TextPadmerupakan editor yang paling mudah digunakan untuk membuat program java dibandingkan dengan editor-editor lain misal Notepad. Penyimpanan nama file program java TextPad harus sama dengan nama classnya. Apabila program diketik dengan perintah System.out.print maka tampilan di layar tidak berpindah baris yang sama. Apabila program diketik dengan perintah System.out.println maka tampilan di layar akan berpindah baris.








   PERTEMUAN KE-2
PEMROGRAMAN DENGAN JAVA



1.Pembahasan
            Java :
Java adalah bahasa pemrograman multi platform. Java tidak menyediakan IDE khusus seperti halnya bahasa pemrograman yang lain. Pemrograman bisa menggunakan IDE yang support ke java, misalnya Netbeans, Eclips, TexPad, dan lain-lain. Secara umum elemen-elemen dasar pemrograman java terdiri dari:

1.    HimpunanKarakter
Terdiridarihuruf,digit, dan symbol-simbol.
Contoh :
Huruf :A,a,B,b,C,c,….
Digit : 0,1,2,3,….
Symbol danlainnya : _-+*#
2.    Pengenal (Identifier)
Pengenal/identifier adalahsuatunama yang bisadipakaidalampemrogramanuntukmenyatakan:
a.    Variable
b.    Konstantabernama
c.    Tipe data
d.    Fungsi
e.    Label
f.     Obyek
3.    Kata kunci
Kegunaandarigolonganinitidakdapatdiubah.
Contoh : case,char,const,do,else,for,return,void,while,dan lain-lain.
4.    Tipe data primitive
Bahasa pemrograman java adalah bahasa pemrograman yang selalu menggunakan tipe data untuk setiap variabelnya. Itu berarti bahwa semua variable harus dideklarasikan terlebih dahulu sebelum mereka digunakan.

Contoh:
·         Byte : tipe data byte adalah 8-bit integer
·         Short : tipe data short merupakan integer 16 bit
·         Int : tipe data iniadalah integer 32 bit
·         Long : tipe data long adalah integer 64 bit
·         Float : single-precision 32 bit
·         Double : double-precision 64 bit
·         Boolean : true/false
·         Char :karakter Unicode 16 bit.
5.    Variable dan konstanta
Variable digunakan dalam program untuk menyimpan suatu nilai, dan nilai yang ada padanya dapat diubah selama eksekusi berlangsung.
Konstanta adalah nilai yang tetap.
6.    Konstantabernama
Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan kata kunci const.

Ø  NILAI DEFAULT
Table Daftarnilai default untuktipe data tertentu
Tipe Data
Nilai Default(untuk Field)
Byte
0
Short
0
Int
0
Long
0L
Float
0.0f
Double
0.0d
Char
‘\u0000’
String (obyek)
Null
Boolean
False

Ø  PERNYATAAN MASUKAN DAN KELUARAN
            Pernyataan masukan adalah pernyataan untuk mendapatkan masukan dari keyboard. Sedangkan pernyataan keluaran adaah pernyataan untuk menampilkan sesuatu nilai ke layar.
1.    Komponenkeluaran
·         System.out.print (hal yang ditampilkan, bisa lebih dari satu)
Untuk menampilkan ke layar dan setelah selesai tidak berpindah baris.
·         System.out.println (hal yang ditampilkan , bisalebihdarisatu)
Untukmenampilkankelayardansetelahselesaiberpindahbaris.
2.    KomponenMasukkan
·         nextInt : input tipe data integer
·         nextBoolean : input tipedata Boolean (true/false)
·         nextShort : input tipe data short integer
·         nextLong : input tipe data long integer
·         nextFloat : input tipe float
·         nextDouble : input tipe double
           2.Listing
Terlampir
3.Latihan :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar